SENGGANG

Pengemis 75 Tahun di India Bangun Toilet dari Uang Sedekah

Laporan Ika Suryani Syarief | Selasa, 13 Februari 2018 | 17:37 WIB
Rahima Bewa (kiri) and putrinya, Kamala Bewa, duduk di depan tumpukan batu bata untuk membangun toilet di pondoknya di Murshidabad, Bengal Barat. Foto: HT Photo/hindustantimes.com
suarasurabaya.net - Seorang pengemis berusia 75 tahun di India menarik perhatian media karena membangun toilet di pondoknya dari uang sedekah, setelah menghabiskan seluruh hidupnya untuk buang air besar di tempat terbuka.

Rahima Bewa, penduduk asli negara bagian timur distrik Murshidabad, Bengal Barat, membawa misi mulia untuk membangun toilet di rumah lumpurnya setelah tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah India di bawah Misi Perdana Menteri Narendra Modi bernama Bersihkan India.

"Beberapa orang mengatakan kepada saya bahwa buang air besar di tempat terbuka itu berbahaya bagi kesehatan kita. Jadi, saya memutuskan untuk membangun toilet di rumah saya, saya menghabiskan tabungan saya untuk itu," katanya kepada surat kabar Hindustan Times.

Bewa merogoh kocek sekitar 15.000 rupee India atau Rp2.680.000 untuk membuat toilet tersebut, tapi hal itu tidak menghalangi Bewa, yang tinggal di sebuah desa terpencil di Murshidabad dengan putrinya yang cacat Kamala (50), untuk merawatnya.

Meskipun dia tidak mendapat banyak uang dari pemerintah pusat yang menawarkan bantuan kepada orang miskin untuk membangun toilet di rumah, pemerintah negara bagian telah menjanjikan bantuannya.

Bewa menjadi pengemis setelah anak-anaknya mengusirnya dari rumah mereka, setelah kematian suaminya, yang adalah seorang petani, sekitar 20 tahun yang lalu, demikian dilansir Antara dari Kantor Berita Xinhua.(ant/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA