SENGGANG

Cara Makan Tanpa Tinggalkan Sisa

Laporan Ika Suryani Syarief | Rabu, 16 Mei 2018 | 10:13 WIB
Ilustrasi.
suarasurabaya.net - Beberapa laporan pernah menyebutkan bahwa Indonesia menghasilkan total 13 juta ton sampah makanan per tahun yang sebenarnya bisa dikurangi jika orang bijak dalam bagaimana menghabiskan makanan.

Salah satu cara untuk makan tanpa meninggalkan sisa yang kemudian menjadi sampah itu adalah merencanakan makanan apa yang ingin dibeli, kata Annisa Paramitha dari Waste4Change.

"Belanja bijak. Recanakan dengan seksama sebelum membeli. Beli apa yang dibutuhkan, jangan tergoda membeli makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi," kata dia dalam peluncuran kampanye bertajuk "Makan Bijak" di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Selain itu, makanlah dengan bijak, yakni mengambil secukupnya dan habiskan. Hal ini untuk menghindari Anda menyisakan makanan.

Cara lainnya, memeriksa secara berkala masa berlaku makanan dalam kemasan, menyimpan dengan baik makanan agar dapat dikonsumsi untuk jangka waktu yang lebih lama dan olah kembali makanan yang tidak bisa Anda makan.

"Selain itu, kurangi konsumsi makanan instan yang tidak baik bagi kesehatan dan beralih mengonsumsi makanan yang diproduksi secara lokal," papar Annisa, seperti dilansir Antara.

Tak hanya itu, apabila Anda memesan makanan di restoran atau gerai makanan sebaiknya pesanlah secukupnya makanan dan pisahkan makanan di awal jika dirasa berlebih. Lalu bungkus makanan yang sudah dipesan.(ant/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.