SENGGANG

Perpustakaan Ini Patut Dikunjungi Ketika di Surabaya

Laporan Agustina Suminar | Jumat, 14 September 2018 | 15:11 WIB
Perpustakaan. Foto: ahlidesaininterior.com
suarasurabaya.net - Bagi Anda yang suka membaca, pecinta buku, maupun pegiat literasi, di Surabaya ada beberapa perpustakaan menarik yang patut Anda kunjungi. Tidak hanya menyajikan beragam buku, tempat-tempat ini juga instagramable, nyaman, serta menyimpan banyak sejarah.

C2O Library & Collabtive

Terletak di Jl. Dr. Cipto No. 22, Dr. Soetomo, Tegalsari, perpustakaan ini selain menyimpan ribuan buku, juga menyediakan ruang kerja bersama (co-working space).

Dengan dekorasi yang sederhana namun hangat, tempat ini menjadi salah satu surga bagi penggemar buku juga keindahan. Buku-buku tersimpan rapi di beberapa rak buku yang sebagian terbuat dari kayu.

Hal ini tentu menambah kesan hangat, apalagi didukung dengan pencahayaan kekuningan di sana-sini. Apalagi, di beberapa spot dapat kita jumpai pernak-pernik unik sebagai hiasan. Ini tentu membunuh kesan monoton yang biasanya menempel pada perpustakaan.


C2O Library & Collabtive. Foto: Tina suarasurabaya.net

Mengenai sumber literatur, perpustakaan yang dikelola secara swadaya ini menyimpan berbagai koleksi menarik diantaranya novel, buku sastra dan sejarah, komik, novel grafis, buku biografi, dan masih banyak lagi. Tempat ini juga menyediakan meja baca. Selain itu, pengunjung juga bisa meminjam buku-buku yang ada di sini.

Perpustakaan Medayu Agung


Foto: takaitu.com

Meskipun dengan dekorasi yang biasa saja sebagaimana perpustakaan pada umumnya, perpustakaan ini menyimpan beberapa naskah krusial bersejarah.

Terletak di Jl. Medayu Selatan, Perumahan Kosagrha Medokan Selatan No. 42-44 Surabaya, perpustakaan ini diprakarsai oleh Oei Hiem Hwie, seorang mantan wartawan. Sehingga tak heran kalau di perpustakaan ini ada banyak sekali kliping koran dari berbagai media.

Di perpustakaan yang syarat akan arsip-arsip bersejarah ini, lengkap dengan koleksi tentang Bung Karno juga Pramoedya Ananta Toer. Saking banyaknya koleksi-koleksi yang syarat akan nilai sejarah, pada tahun 1999, koleksinya pernah ditawar oleh Charles Coppel dari Universitas Melbourne, Australia sebesar Rp1 Miliar. Bahkan Perpustakaan Medayu ini menyimpan naskah asli karya-karya Pram.

Perpustakaan Balai Pemuda


Foto: hildaikka.com

Seperti namanya, perpustakaan ini terletak di Balai Pemuda, Jl. Gubernur Suryo No. 15, Surabaya. Perpustakaan yang dikelolah oleh pemerintah ini setiap hari terbuka untuk umum mulai pukul 08.00 sampai 21.00 WIB.

Perpustakaan ini bisa dijadikan sebagai tempat produktif baik mahasiswa maupun pelajar untuk mengerjakan tugas. Karena di tempat ini pemerintah tidak hanya menyediakan rentetan buku, tetapi juga beberapa ruang baca serta meja belajar, bahkan perpustakaan ini juga dilengkapi dengan LCD pemutar video serta akses internet.

Perpustakaan Bank Indonesia


Foto: kompasiana.com

Perpus BI terletak di Jl. Taman Mayangkara No. 6. Sebelumnya perpustakaan ini merukan gedung musium Mpu Tantular namun sekarang ini dialihfungsikan sebagai perpustakaan umum.

Tidak hanya menyajikan buku bacaan, perpustakaan ini menawarkan fasilitas yang lengkap, mulai dari tempat baca, akses wifi, kids library , AC, sampai ruang komputer yang dilengkapi dengan 18 PC.

Uniknya, di tempat ini juga dapat kita temui beberapa tools edukasi untuk pengunjung tentang hal-hal berbau ekonomi dan perbankan.

Bagaimana, menarik bukan, ternyata perpustakaan di Surabaya tidak memulu tentang jejeran rak buku, tetapi lebih menarik dan variatif serta dilengkapi fasilitas-fasilitas memadai. (dim/tin/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.