SENGGANG

Melatih Konsentrasi Pada Anak Lewat Yoga

Laporan Agustina Suminar | Kamis, 20 September 2018 | 18:24 WIB
Yoga untuk anak-anak. Foto: shutterstock
suarasurabaya.net - Yoga diperuntukkan bagi siapa saja, termasuk pada anak-anak, karena olahraga ini mampu melatih motorik dan konsentrasi.

Deera Dewi instruktur yoga mengatakan yoga juga membantu proses tumbuh kembang pada anak.

"Anak kecil bagus diikutkan yoga. Itu untuk melatih motoriknya, untuk fokus dia dan daya ingat ya, karena kan menghapal gerakan-gerakan. Dengan yoga, akan meningkatkan fokus konsentrasi mereka," ujar Deera saat berbincang dalam acara media gathering Namaste Festival 2018 di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

"Anak yang berlatih yoga dan tidak itu akan terlihat saat mereka exam. Anak-anak yang ikut yoga akan lebih tenang mengerjakannya. Karena mereka kan terbiasa fokus dan konsentrasi," lanjut Deera dilansir Antara.

Gerakan yang diajarkan pada yoga anak-anak juga berbeda dengan orang dewasa. Pada yoga anak-anak, mereka akan mengenal gerakan yoga dengan cara bermain atau mengikuti gaya-gaya binatang.

"Anak kecil itu yoganya bermain bukan yang kayak orang dewasa, jadi enggak bakal gimana-gimana gerakannya. Misalnya gaya-gaya kayak cat pose, dog pose, elephant pose, yang lucu-lucu aja. Posisi pohon, tree pose, berarti mereka arus diam kayak pohon. Di sini, kita mengajarkan mereka untuk bisa konsentrasi," papar Deera.

Untuk anak-anak, durasi yoga tidak terlalu lama yakni sekira 30-40 menit saja. Peminat yoga anak pun sekarang sudah cukup banyak, karena melihat kebiasaan orang tuanya untuk berolahraga.

"Selama 40 menit itu udah lama banget ya. Pengalaman saya ngajar yoga anak, kalau sudah di atas 20 menit udah enggak karuan tuh, mereka udah ke mana-mana," tutup Deera.(ant/tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.