SENGGANG

Jelang Festival Gandrung Sewu, Okupansi Hotel di Banyuwangi Melonjak

Laporan Ika Suryani Syarief | Jumat, 19 Oktober 2018 | 21:29 WIB
Ribuan penari Festival Gandrung Sewu. Foto: banyuwangikab.go.id
suarasurabaya.net - Jelang Festival Gandrung Sewu yang digelar pada Sabtu (20/10/2018) besok, ribuan wisatawan datang ke Banyuwangi. Hal ini berdampak pada okupansi hotel yang melonjak, bahkan sebagian besar hotel di Banyuwangi telah kehabisan kamar.

Menurut laporan Rudi dari Radio Mandala Banyuwangi dalam Jaring Radio Suara Surabaya Jumat (19/10/2018), Peningkatan okupansi hotel ini sudah terjadi mulai hari Senin lalu (15/10/2018) dan diperkirakan akan terjadi hingga Minggu (21/10/2018).

Pada hari biasa, okupansi mencapai 60 persen, bahkan hari ini, Jumat (19/10/2018) sudah ada yang mencapai 100 persen. Rata-rata wisatawan yang berlibur di Banyuwangi baik dalam negeri maupun mancanegara akan menonton Festival Gandrung Sewu.

MY. Bramuda Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi mengatakan, pihaknya gembira karena festival yang digelar oleh pemerintah daerah ini memberikan dampak positif bagi geliat ekonomi termasuk hotel.

Festival Gandrung Sewu telah digelar sejak tahun 2011 dan menampilkan ribuan penari Gandrung. Tari Gandrung sendiri merupakan tarian khas Banyuwangi yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda pada tahun lalu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (nin/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.