SENGGANG

Nelayan Pantai Bulusan Gelar Ritual Petik Laut Rebo Wekasan

Laporan Zumrotul Abidin | Kamis, 08 November 2018 | 08:43 WIB
Ilustrasi. Foto: banyuwangikab.go.id
suarasurabaya.net - Nelayan Pantai Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi menggelar ritual Petik Laut Rabu Wekasan di pesisir Pantai Warudoyong, Bulusan, Rabu (7/11/2018).

Acara ini digelar rutin setiap hari Rabu terakhir di bulan Safar dalam penanggalan jawa. Kegiatan ini menjadi ritual tolak bala dari nelayan setempat yang dilakukan secara turun temurun dari nelayan setempat.

Sujarno Ketua kelompok nelayan Bulusan mengatakan, Petik Laut Rabu Wekasan merupakan ungkapan syukur dari para nelayan sekaligus ritual tolak bala yang diharapkan para nelayan bisa terus diberikan keselamatan selama berlayar mencari ikan di laut.

"Ini juga sekaligus doa agar mendapatkan hasil yang melimpah," ungkapnya seperti laporan Rudi dari Radio Mandala Banyuwangi dalam Jaring Radio Suara Surabaya, Kamis (8/11/2018).

Dalam ritual Petik Laut Rabu Wekasan, nelayan melarungkan perahu kecil berisi sesaji yang terdiri atas berbagai jenis polo pendem, jajanan pasar, dan sebuah kepala kambing. Kemudian perahu tersebut dibawa ke tengah laut diiringi penari gandrung dan tetua adat.

Sebelum melarungkan perahu sesaji, masyarakat memanjatkan doa permohonan keselamatan dan kelimpahan rezeki yang dipimpin oleh seorang pemuka agama.

"Semua ini dengan harapan seluruh masyarakat, terutama nelayan bisa terhindar dari mara bahaya dan mendapatkan hasil laut yang melimpah," pungkas Sujarno. (nin/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA