SENGGANG

Bagi Orang Prancis, Makan Bukan Sekadar Perut Kenyang

Laporan J. Totok Sumarno | Senin, 18 Maret 2019 | 20:36 WIB
Chef Dibyo (bertopi hitam) menunjukkan menu andalannya untuk Gout de France. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Bagi masyarakat Prancis, makan bukan sekadar urusan mengenyangkan perut semata. Karena sebuah masakan di atas meja bisa jadi mengandung banyak unsur dan elemen. Ada sejarah, perjalanan budaya, dan di sekeliling meja makan terjadi komunikasi.

"Bagi orang Prancis, makan memang bukan sekedar urusan mengenyangkan perut. Ada banyak hal terjadi di sekeliling meja makan ketika makan. Slain banyaknya elemen dalam makanan itu sendiri, aktivitas sosial, komunikasi juga berlangsung di sekitar meja makan," papar Benoit Bavouset Direktur IFI Surabaya.

Oleh karena itu kemudian bagi masyarakat Prancis, lanjut Bavouset memberikan pengalaman terbaiknya bagi siapapun para tamu yang hadir dan menikmati pengalaman makan malam bersama seagai sebuah kewajiban.

"Acara Gout de France atau Good France (Citarasa Prancis) yang digelar tiap 21 Maret adalah sebuah pengalaman seni hidup Prancis khususnya melalui sajian aneka makanan, beserta nilai-nilai kebersamaan, kesenangan, serta perilaku makan sehat, tidak hanya bagi tubuh," tegas Bavouset.


Tahun ini, ada 11 restoran di Kota Surabaya yang bergabung menyajikan hidangan ala Prancis diantaranya, The Consulate, Domicile, Indigo - Hotel Majapahit, Janggala - Novotel Surabaya, Libreria Eatery, Restaurant Business - Universitas Kristen Petra Surabaya, serta Zangrandi Ice Cream.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, di Kota Surabaya tahun ini terjadi peningkatan peserta Gout de France. Dari kurun waktu antara 2015 - 2018 di Surabaya hanya diikuti antara 3 sampai dengan 4 restoran saja, dan tahun 2019 ini tercatat 11 restoran.

Chef Dibyo dari Indigo Hotel Majapahit Surabaya, Senin (18/3/2019) menampilkan menu andalannya dalam rangka ikut memeriahkan Gout de France dengan Snapper in Saltcrust, yang menggunakan bahan baku Ikan Cukil.

"Kalau di Prancis disebutnya Ikan Borjua. Di Surabaya biasanya Ikan ini dikenal masyarakat sebagai Ikan Cukil. Dan dengan paduan rempah khusus, maka sajian ini semoga memenuhi selera sesuai tema Gout de France kali ini," harap Chef Dibyo.(tok/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.