SENGGANG

Resep Komunikasi Mantu dan Mertua dari Arumi Bachsin

Laporan Denza Perdana | Minggu, 22 September 2019 | 19:47 WIB
Arumi Bachsin dan putrinya melihat peserta lomba masak di Kantor Gubernur Jawa Timur, Sabtu (21/9/2019). Foto: Humas Pemprov Jatim
suarasurabaya.net - Arumi Emil Elestianto Dardak Ketua TP PKK Provinsi Jatim menekankan pentingnya komunikasi intens menantu (mantu) dengan mertua. Terutama saat bonding moment seperti memasak bersama.

"Penting sekali komunikasi mertua dan menantu, salah satunya melalui resep masakan atau bahkan memasak bersama. Itu bonding moment luar biasa," kata Arumi.

Dia menyatakan ini saat membuka 'Lomba Masak Resep Mertua' di halaman Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan, Surabaya, Sabtu (21/9/2019) kemarin.

Arumi bilang, memasak bersama mertua dan mantu itu sesuatu yang bagus. Jarang ada yang menyelenggarakan ini padahal sangat dekat dengan masyarakat. 


Arumi yang juga menjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mengingatkan pentingnya kesadaran memposisikan diri dalam keluarga baru yang berbeda latar belakang.

Arumi mencontohkan, bagaimana dia di awal pernikahannya, rajin berkomunikasi langsung dengan mertuanya. Salah satunya perihal makanan kesukaan Emil, suaminya.

Dr. Nur Ainy Fardana Nawangsari Wakil Dekan I, Universitas Airlangga (Unair) yang jadi narasumber di acara itu menyampaikan tiga kunci utama mertua dan menantu.

Kuncinya, kata dia, 3K: Komunikasi, Keakraban dan Kebersamaan.

Berkomunikasi yang baik, kata dia, contohnya mampu mengekspresikan perasaan secara terbuka tanpa mengurangi rasa hormat kepada mertua.

Kedua, terjalinnya keakraban dengan mertua melalui hobby atau ketertarikan yang sama.

Terakhir soal kebersamaan. Menurutnya, kata kebersamaan akan terjadi melalui sebuah keakraban dalam suatu kegiatan yang dilakukan bersama. 

Dengan ketiga kunci itu, Nur Ainy yakin akan terbangun hubungan yang harmonis antara mertua dan menantu.

Arumi mengikuti Lomba Masak Resep Mertua itu bersama ibu mertuanya, Maria, dan putrinya Keisha.

Ketiganya mendemonstrasikan resep favorit keluarganya 'Udang Saos Mentega'. Para peserta juga antusias menyaksikan aksi memasaknya.

Beberapa menu khas daerah disajikan di lomba ini. Salah satunya Ikan Asap Bromo. Arumi berharap, kegiatan seperti ini bisa terus diadakan di tahun-tahun mendatang.(den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.