SENGGANG

Paru-Paru Remaja di Amerika Penuh Minyak Beku Diduga karena Vaping

Laporan Denza Perdana | Minggu, 22 September 2019 | 21:58 WIB
Ilustrasi. Foto: technology.org
suarasurabaya.net - Hampir seluruh paru-paru Anthony Mayo, remaja 19 tahun asal Pennsylvania, Amerika Serikat diketahui tertutup minyak beku. Dokter yang menangani menduga minyak itu berasal dari minyak atau cairan rokok elektrik yang populer disebut vape.

Mayo masuk Unit Perawatan Intensif (ICU) Rumah Sakit Millcreek Community di Erie, Pennsylvania awal bulan ini. Dia dirawat intensif setelah dokter menemukan paru-parunya sangat padat dan kadar oksigennya menipis drastis.

Karena kondisinya yang parah itu, dokter mengatakan kepada Tanya dan Keith Mayo orang tua Anthony, putra mereka saat ini memiliki paru-paru layaknya perokok berat berumur 70 tahun.

Minyak vape beku yang menutupi hampir seluruh paru-paru remaja itu, menurut dokter yang menangani, bisa disamakan dengan lemak daging bacon atau babi. Demikian tulis People dikutip Antara, Jumat (20/9/2019).


Tanya, ibu remaja itu, berbagi foto paru-paru putranya yang rusak supaya orang-orang sadar akan bahaya vaping dan mencegah orang tua lain dan anak-anak mereka menggunakan rokok elektronik.

"Seperti inilah penampilan vaping ketika putra Anda yang berusia 19 tahun yang dinyatakan sehat masuk ke UGD," tulis Tanya di samping dua foto paru-paru Anthony yang diambil beberapa hari sebelum dia masuk ICU dan setelah menjalani CT scan di ICU," People melansir unggahan Tanya Mayo di akun Facebook miliknya.

"Paru-paru sebelah kiri 80 persen-an tersumbat dan sebelah kanan 50 persen, level oksigen 37! Menurut dokter, ini menunjukkan area yang pada dasarnya sudah mengeras seperti lemak bacon."

Anthony Mayo memakai vape hampir dua tahun. Dia pertama kali ke rumah sakit saat mengeluh sesak napas dan mual. Petugas kesehatan merontgen dan mendiagnosa remaja ini kena bronkitis. Tetapi kondisi Mayo memburuk dan dia balik ke rumah sakit beberapa hari kemudian.

Dokter yang mendapati kondisi paru-paru Anthony Mayo kian parah secara drastis segera memasukannya ke ICU pada 15 September kemarin.

Sementara Keith Mayo, sang ayah, mengunggah di laman Facebook miliknya soal penjelasan dokter bagaimana paru-paru anaknya bisa berakhir seperti itu.

"Dokter mengatakan, bayangkan menggoreng daging bacon di kompor. Baunya lezat. Rasanya enak. Tapi saat selesai masak, kau harus bersih-bersih karena ada lemak bacon putih di mana-mana, di samping kompor."

Keith Mayo melanjutkan, minyak perasa di vape itu adalah lemak bacon dan paru-paru adalah kompor. "Sayangnya kau tak bisa mengelap paru-parumu begitu saja. Itu akan menumpuk dan (seperti putraku) itu akan menutup jalur udara."

Setelah masuk ICU, para dokter tak bisa memastikan kepulihan Anthony Mayo. Dokter memompa cairan paru-paru dan memberikan antibiotik seraya memberi oksigen.(ant/den)


Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.