SENGGANG

Taman Mozaik yang Kekinian dan Instagramable

Laporan Agung Hari Baskoro | Selasa, 22 Oktober 2019 | 13:03 WIB
Taman Mozaik, taman baru yang mengusung konsep kekinian dan instagramable di Jalan Wiyung Praja, Surabaya, Selasa (22/10/2019). Foto: Dafin Majalah SCG
suarasurabaya.net - Kota Surabaya kini memiliki taman baru yang mengusung konsep kekinian dan instagramable. Namanya Taman Mozaik yang terletak di Jalan Wiyung Praja, Surabaya. Dinamakan demikian, karena di taman ini memang ada sebuah bangunan yang dindingnya berbentuk mozaik warna-warni.

Di bangunan ini, warga Surabaya bisa berswafoto kekinian dan instagramable. Di pagi dan sore hari, sinar matahari yang menembus pola mozaik warna-warni bisa menghasilkan efek cahaya warna-warni yang cantik untuk berfoto. Jika di malam hari, lampu-lampu di sekitar bangunan ini makin menambah kesan romantis.

Rochim Yuliadi Kepala Seksi Ruang Terbuka Hijau Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya mengatakan, konsep taman ini memang mengutamakan spot swafoto yang menarik.

"Konsep baru. kalau taman lain, biasanya yang kita utamakan fasilitas untuk bermain. Di (taman, red) Bungkul kan ada arena kumpul. Ada plazanya. Di taman flora ada binatang dan taman bacaannya. Disini murni untuk swafoto. Kita tidak banyak menampilkan bunga beraneka warna. tapi ada bangunan rumah model mozaik," ujar Rochim.


Meskipun sudah banyak dikunjungi warga Surabaya yang tak sabar untuk pamer foto di media sosialnya, sebenarnya taman ini masih belum sepenuhnya jadi. Rochim mengaku, beberapa fasilitas penunjang seperti toilet belum dibangun.

"Ini belum diresmikan. Belum ada fasilitas penunjangnya kayak toilet dan lain-lain. Ini masih tahap pertama. Akan ada dua tahap. Kita lihat dananya berapa. Yang baru kita tanam kan masih 1.850 (meter persegi, red) padahal luas totalnya 5.100an meter persegi," jelasnya.

Rochim bercerita, sebelum menjadi taman Mozaik, lahan di daerah Wiyung ini dulunya adalah rawa-rawa yang terbengkalai. Lalu, sekitar bulan Januari diusulkan menjadi taman dan pembangunan dimulai pada bulan Juli.

"Maret minta bantuan PU (Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan, red) untuk diuruk selama 3 bulan. Tanah dari pengerukan underpass dan bozem yono soewoyo. karena tanahnya bagus. Total anggaran, kemarin pagunya untuk lelang 1 M (Rp 1 Miliar, red). Cuman dari pengerjaan tidak sampai. Hampir 1 M," katanya.

Kedepan, taman yang diharapkan menjadi ikon baru kota Surabaya ini akan ditambah beberapa fasilitas penunjang. Salah satunya toilet, pos jaga, musala, dan taman bacaan masyarakat. Selain itu, jika anggaran mencukupi, rencananya taman ini akan diperindah dengan air mancur.

"Untuk warga Kota Surabaya, selamat menikmati taman baru yang hadir di tengah Kota Surabaya. Jadi silahkan datang untuk berswafoto lalu silakan diviralkan di medsos masing-masing. Sehingga nantinya jadi taman kebanggaan dan ikon baru Kota Surabaya," ajaknya. (bas/tin/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
X
BACA LAINNYA